Dalam beberapa kali pelatihan, saya sering mendapatkan pertanyaan apakah minyak goreng aman di konsumsi. Terus terang, saya sendiri tidak meneliti mengenai minyak ini dan perubahan kimiawinya selama pemanasan. 
Namun setelah menilik beberapa jurnal yang membandingkan perubahan minyak zaitun selama pemanasan dibandingkan minyak lain (misalnya kanola), ternyata minyak zaitun tetap lebih unggul karena tidak banyak komposisi kimiawi yang berubah atau rusak. 
Plus, dibandingkan minyak kelapa sawit, minyak zaitun lebih unggul untuk opsi pilihan lemak karena jenis lemak jenuhnya yang rendah.
Untuk diperhatikan bahwa sebaiknya minyak zaitun (dan minyak jenis lainnya) tidak digunakan secara berulang dan panas api yang terlalu tinggi. 
Saya biasanya menggunakan minyak ini untuk goreng telor mata sapi, atau menumis sayuran. Ga perlu banyak minyaknya, asal ga nempel wajan saja. 
Kelemahan minyak zaitun satu… mahal. Jadi kalo pakai kudu irit.
Kalau mau tahu lebih jauh apakah minyak ini masih aman atau tidak silahkan baca jurnalnya di link ini https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/1541-4337.12268