Belakangan lagi hits banget yah Sobat Gizi Gama, kopi homemade yang foamy dan creamy di jagad dunia maya. Kayanya semua yang lagi stay at home pada penasaran tuh pengen nyobain bikin sendiri dan mencicipi si kopi dalgona ini. Nah, tapi sebenarnya seberapa besar sih kalori dalam satu gelas dalgona beserta susunya? Kira-kira bikin gemuk enggak ya? Yuk simak sama-sama di bawah ini..

Apa itu Dalgona Coffee?

Sebelum masuk ke itung-itung kalori kopi yang lagi viral, saya mau kasih tahu dulu nih sejarah dalgona. Awal mula nama dalgona itu sebenarnya bukan kopi lho… Lho kok bisa? Iyapss, dalgona adalah nama makanan berupa permen gula seperti gulali, yang muncul di Korea pada tahun 1970-an, dan populer di negara itu hingga tahun 1990-an. Bukan tanpa sebab diberi nama dalgona, kopi homemade yang populer di era pandemi  Covid-19 sekarang ini ternyata dinilai oleh banyak warganet mempunyai rasa karamel yang mirip dengan permen dalgona. Kopi dalgona ini sendiri diperkenalkan oleh Youtuber Korea bernama  J’adore.

Nah, kamu sudah tahu belum cara bikin dalgona? Caranya adalah kopi instan, diaduk kencang bersama dengan gula dan air, dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Kalau mau tahu lebih jelas, kamu bisa cek ya di bawah ini

Seberapa Besar Kalori Dalgona?

Percaya atau tidak sih, segelas dalgona itu setara dengan sepiring nasi putih…?! Whot? Seriously… ! Jangan kaget ya.. 😀 emang begitu kenyataannya. Minuman segelas susu plain (200 ml) plus topping dalgona diatasnya dengan resep 1 sdm kopi instan : 1 sdm gula pasir : 1 sdm air (sdm = sendok makan) itu bernilai sekitar  180 Kalori, yang itu setara dengan 145 gram nasi putih, atau 1,5 centong. Woow..banyak ya…

Nah, kalori yang besar ini ternyata disebabkan karena komposisi gula sebagai sumber karbohidrat yang padat kalori, dan susu sebagai sumber lemak dan protein yang tinggi kalori pula. Tapi jangan khawatir, kamu bisa kok mengurangi kalorinya. Kamu bisa ganti susu sapi dengan bahan nabati, misal susu kedelai, susu almond, atau jus alpukat, dengan syarat jangan tambah gula lagi ke dalam susu atau jusnya ya.

Lalu, Seberapa Banyak Kita Boleh Minum Dalgona? 

Kebutuhan Kalori orang dewasa sehat rata-rata sebesar 2000 – 2200 Kalori tergantung berat ringannya aktivitas. Taruhlah kalau kebutuhan kamu 2000 Kalori, dengan segelas porsi kopi dalgona + susu sapi plain, artinya kamu udah memenuhi 180 Kalori, dan masih ada kebutuhan sebesar 1820 Kalori bisa dipenuhi dari makanan lain. 

Makanan lain ini antara lain adalah 3x makanan utama kita, yaitu makan pagi, siang dan malam, yang estimasi kalori per porsinya adalah 500 Kalori. Jadi dengan makan utama saja kita sudah mengkonsumsi 1500 Kalori. Nah berarti kebutuhannya tinggal 320 Kalori lagi, yang bisa kamu penuhi misal dari camilan atau makanan selingan.  Masalahnya, kalau cemilan yang kita makan juga manis-manis, mengandung lemak tinggi dan nilainya melebihi 320 Kalori, tentu akan jadi berlebih dong ya asupan kita. 

Kesimpulannya, apakah kalori dalgona itu besar? Apakah bikin gemuk? Jadi tergantung ya, makanan apa saja yang kamu makan selain dalgona pada hari itu dan seberapa besar pula aktivitas fisik kamu. Tidak serta merta kok si dalgona ini bikin gemuk, asal kamu tetap menerapkan prinsip gizi seimbang dalam asupan makan harian kamu.  Saya juga udah siapin video buat kamu nih, kalau masih kurang jelas soal kalori dalam dalgona ini.

Oke..sekian dulu Sobat Gizi Gama… see you next week dengan topik healthy eating yang lebih hits lagi yaah…

Oleh : Winda Murod, S.Gz, MPH