Saya memulai karier sebagai dosen dan peneliti sejak 2014, yaitu setelah lulus dari program magister di tahun 2013. Dalam 5 tahun terakhir saya tercatat aktif melakukan rangkaian penelitian di bidang obesitas, bersama mahasiswa prodi S1 Gizi Kesehatan.
Perjalanan ini bisa dikatakan sangat singkat dan saya baru saja melangkah jejak sebagai peneliti (bayangkan karier peneliti adalah 40-45 tahun). Menyampaikan hasil penelitian adalah sebuah hal yang penting bagi seorang peneliti. Pertama, karena dana/uang untuk kegiatan penelitian berasal dari masyarakat, sehingga hasilnya pun harus disampaikan ke masyarakat. Kedua, karena sesungguhnya masalah yang diteliti itu berasal dari masyarakat, idenya justru berasal dari mereka. Dalam 5 tahun itu juga saya sudah menulis beberapa laporan hasil riset di beberapa jurnal. Meskipun saya telah menulis jurnal, tapi biasanya jarang ada interaksi dari pembaca. 
Oleh karena itu, saya ingin membuat event untuk sharing hasil riset saya ke khalayak. Melalui media daring (zoom). Temanya adalah What have I learned (about diet & obesity)? (Kalimat tanya, karena saya juga sebenarnya penasaran đŸ˜€ ).

Pada episode pertama dari serial “What have I learned (about diet & obesity)?” ini saya akan mengangkat topik mengenai program penurunan berat badan. Hingga saat ini, baik masyarakat umum maupun kalangan pekerja kesehatan mesih sering bertanya-tanya mengenai bagaimana program penurunan berat badan yang baik. Saya telah melakukan beberapa trial untuk mengkaji efektifitas program penurunan berat badan. Metode superit very low calorie diet, low calorie diet, intermittent fasting, kombinasi diet dan latihan fisik, serta latihan fisik/olahraga saja. Riset tersebut disajikan pada jurnal-jurnal berikut.

The Effect of Zumba Training on Body Composition, Dietary Intake, Sleep Quality, and Duration in Adult Sedentary Women With Overweight

The yo-yo effect of Ramadan fasting on overweight/obese individuals in Indonesian: A prospective study

Dietary intake after weight loss and the risk of weight regain: macronutrient composition and inflammatory properties of the diet

The Effect of Combined Aerobic and Strength Training on a Weight Loss and Metabolic Profile

Lesser yam (dioscorea esculenta) based cookies improves lipid profile in overweight/obese adults with an ad libitum diet via glucagon like peptide 1

The role of genes involved in lipolysis on weight loss program in overweight and obese individuals

Kegiatan ini akan dilakukan secara daring melalui Zoom pada hari senin, 11 Mei 2020, pukul 20.00 hingga 21.00. Peserta akan dihubungi sebelum acara untuk mendapatkan akses zoom yang dimiliki. Acara ini gratis dan dibantu oleh InaHealth TV. Untuk mendaftar dalam acara ini silahkan mengisi formulir berikut :