Oleh : Winda Irwanti, S.Gz, MPH

Halo Sobat Gizi Gama… apa kabar kalian di penghujung bulan Ramadhan ini? Tidak terasa ya, Ramadhan dengan suasana yang berbeda ini cepat berlalu. Semoga puasa kamu lancar sampai hari ini dan tetap sehat semuanya ya… ^_^

Mendekati Lebaran, ada baiknya kita persiapkan diri kita memasuki hari Lebaran ini ya, Sobat…salah satunya dari segi asupan makan. Kenapa? Yeah..kamu pasti tahu, kalau hari Lebaran orang suka kalap yah, semacam pelampiasan setelah puasa satu bulan, jadi semua makanan mau dilahap aja. Belum lagi kalau ada kiriman-kiriman hampers lezat dari kerabat, waduh pasti kaga nahan pengin coba semua ya.. Frekuensi silaturahmi dan kumpul-kumpul memang berkurang di masa pandemi ini, namun melihat situasi sekitar saya dan melalui sosial media, sebagian besar keluarga tetap gencar menyediakan makanan-makanan dan kue khas Lebaran ini lho.. Tentu ini tidak lepas dari demi menghidupkan suasana Lebaran dirumah aja kan..

Nah, kondisi seperti ini yang tanpa kita sadari rawan untuk bikin berat badan lekas naik. Buat kamu yang sudah mencapai berat badan normal atau ideal, atau bahkan masih overweight, sayang sekali yah kalau harus naik lagi. Yukk simak ulasan bagaimana tips-tips supaya BB tidak naik lagi di saat lebaran ini.

  1. Kurangi santan dalam masakan

Masakan seperti rendang, opor ayam, dan gulai memang menjadi masakan yang dirindukan ya di saat Lebaran. Rasanya belum lengkap kalau tidak makan masakan khas tersebut. Nah, tapi yang harus diperhatikan, masakan-masakan tersebut mengandung santan dalam jumlah banyak, yang ini tentu saja tanpa terasa akan meningkatkan asupan lemak dalam tubuh kita. Oleh karena itu, cobalah untuk mengolah masakan tersebut dengan santan yang lebih cair. Tenang saja, hal ini tidak akan terlalu signifikan mempengaruhi rasa kok, apalagi jika ramuan bumbu dan rempah kamu pakai sudah pas. Justru hal ini akan mengurangi rasa eneg atau penuh dari masakan ini. 

  1. Sediakan buah dan sayur untuk snack maupun saat makan utama

Saat makan utama, usahakan selalu ada sayur dan buah dalam jumlah yang cukup ya. Setiap kali makan sediakan sekitar 100-150 gram sayuran dalam piring kamu, dan untuk buah bisa kamu jadikan sebagai hidangan pencuci mulut setelah makan, atau sebagai snack. Selain dikonsumsi sebagai buah segar, banyak loh hasil olahan buah yang bisa dijadikan sebagai snack, misal pisang rebus, salad, lotis, rujak, asinan dan bisa juga diolah menjadi smoothies atau jus.

  1. Boleh sih cobain cookies-cookies dan kue khas Lebaran, asal jangan berlebihan

Kue kering atau cookies semacam kastangel, putri salju, dan nastar memang menjadi kue khas Lebaran yang susah ditinggalkan yah. Hmm…tapi kamu tahu gak sih seberapa besar kalori dari kue-kue kering ini? Sebagai contoh ya.. 3 buah nastar yang masing-masing beratnya sekitar 20 gram, kalorinya sudah setara loh dengan 90 gr nasi putih, atau sekitar 1 centong. Tuh kan..besar juga ya. Ini karena komposisi cookies yang memang padat kalori, tinggi lemak dan gula, terutama berasal dari gula, selai, shortening (mentega), dan tepungnya.  Oleh karena itu, coba perhatikan konsumsinya ya, dan jangan berlebihan.

  1. Kurangi minuman manis, minum banyak air putih 

Minuman berupa sirup dan es yang manis cenderung tinggi gula, biasanya juga disediakan dan disediakan saat lebaran. Percayalah dengan kamu sudah makan aneka kue dan cookies, sebenarnya kamu sudah engga butuh lagi asupan gula yang terlalu banyak dari minuman. So, banyak-banyaklah minum air putih ya.. Kadang kita merasa lemas atau sering lapar, bisa jadi loh bukan karena benar-benar lapar atau kurang asupa gizi, tapi bisa jadi karena dehidrasi. Jadi ketika kamu merasa lapar di jam-jam yang bukan jadwalnya makan, coba deh untuk minum air putih segelas terlebih dahulu. Jika kondisi kamu menjadi baikan, berarti kamu memang dehidrasi saja. 

  1. Tetap lakukan olah raga dan aktivitas fisik

Jaga kebugaran dengan tetap berolahraga usahakan minimal 30 menit per hari, serta tetaplah bergerak dengan aktif ya, jangan malas-malasan. Lakukan aktivitas fisik dirumah misalnya menyapu, membersihkan kamar, mencuci, atau aktivitas fisik lain yang menyenangkan misalnya bermain bola atau kegiatan lain di sekitar rumah bersama keluarga.

  1. Kontrol berat badan dengan menimbang setiap hari

Sediakan timbangan berat badan dirumah ya,, ini sangat baik untuk mengetahui berapa berat badan kamu setiap harinya, dan ini baik untuk mengontrol pola makan kita.

Oke..demikian ya ulasan tentang menjaga berat badan saat Lebaran. Selamat Idul Fitri 1440 H, kami mohon maaf lahir bathin jika selama ini ada kesalahan, dan jangan lupa untuk tetap dirumah, sayangi keluarga dan jangan mudik. Salaaam… ^__^

Photo source : <a href=”https://www.freepik.com/free-photos-vectors/food”>Food photo created by freepik – www.freepik.com</a>