Pada tanggal 9 Juni saya akan memulai kelas baru di Wellness Academy. Kelas ini berjudul Intensive Online Course: Manajemen Obesitas. Ini adalah kelas kedua saya di platform ini. Kelas ini ditujukan bagi profesional yang berkecimpung di bidang manajemen berat badan atau kesehariannya menangani klien dengan kegemukan atau bekerja di bidang food service dan katering diet. Mahasiswa/peneliti yang ingin memasuki ranah obesitas juga bisa mengikuti pelatihan ini. Dalam pelatihan ini saya akan menyampaikan konsep dan aplikasi dalam manajemen obesitas. Berfokus pada penyampaian teori-konsep dan penerapannya terhadap Klien, saya mengharapkan dapat menjawab kebutuhan informasi di bidang ini.

Kelas ini terdiri dari 8 pertemuan dan setiap pertemuannya akan ada kuis untuk mengetes sendiri pemahaman terhadap materi. Saya juga menyiapkan case-study spesifik pertopik agar dapat jelas penerapannya pada klien. Materi-materi ini saya susun dari current evidence di bidang gizi, riset-riset yang saya lakukan sendiri, serta pengalaman saya di klinik GMC dalam menangani kasus kelebihan berat badan. Seluruh materi akan disampaikan secara online. Untuk mendaftarkan diri ke pelatihan ini bisa mengunjungi website Wellness Academy https://wellnessacademy.id. hashtag#online hashtag#portal hashtag#education hashtag#educationmatters

OBESITAS & METABOLISME ENERGI (Selasa, 09 Juni 2020, 19.30-21.00 WIB)

Pada bagian ini akan dijelaskan prinsip obesitas sebagai kondisi dimana tubuh mengalami penumpukan simpanan energi karena asupan energi lebih tinggi dari pengeluarannya. Juga akan dijelaskan pengaturan penggunaan energi dalam tubuh. Prinsip termogenesis akan dijelaskan sebagai cara tubuh membuang kelebihan energi melalui panas. Selain membahas pengeluaran tidak terduga dari metabolisme energi, juga akan dibahas mengenai sumber-sumber energi tersembunyi yang tidak diketahui seseorang. Beberapa makanan/minuman yang memiliki sifat memicu pengeluaran energi juga akan dijelaskan.

PENGENDALIAN NAFSU MAKAN & KEGEMUKAN (Jumat, 12 Juni 2020, 19.30-21.00 WIB)

Nafsu makan memegang peranan penting dalam peningkatan asupan energi. Pada bagian ini akan dibahas mekanisme pengaturan nafsu makan manusia. Juga akan dijelaskan bagaimana pada individu dengan obesitas terjadi gangguan pada pengaturan nafsu makan. Strata pengaturan nafsu makan mulai dari sensasi lapar, craving hingga hedonik akan dijelaskan. Dalam sesi ini peserta diharapkan dapat mengetahui apakah klien yang dimiliki mengalami masalar nafsu makan atau tidak. Memahami ini dapat mempermudah kita dalam menjustifikasi diet yang disesuaikan dengan kondisi tersebut. Sebagai tambahan, akan disampaikan materi berupa pilihan bahan makanan/minuman yang mampu menjaga nafsu makan tetap terkendali selama program penurunan berat badan.

DIMENSI OBESITAS : JARINGAN ADIPOSA/LEMAK (Selasa, 16 Juni 2020, 19.30-21.00 WIB)

Adiposa adalah jaringan penting yang dapat menjadi fokus utama dalam penanganan obesitas. Pada bagian ini kita mengenal lebih dekat mengenai jaringan adiposa, sifat dan fungsinya serta masalah-masalah yang terjadi selama seseorang mengalami obesitas. Termasuk didalamnya akan dijelaskan mengenai prinsip pear vs. apple shape dalam body adiposity.

INTERAKSI ANTAR ORGAN (Jumat, 19 Juni 2020, 19.30-21.00 WIB)

Jaringan adiposa merupakan tempat penyimpanan cadangan energi. Meskipun demikian, adiposa juga berinteraksi dengan organ lain seperti otak, otot dan hati yang berdampak pada pengaturan berat badan. Peningkatan metabolisme yang terjadi selama berolahraga dapat berdampak pada perubahan metabolisme di jaringan hati, lemak serta pengaturan di otak. Hal ini menyebabkan respon seseorang terhadap latihan fisik bisa berbeda tergantung jenis, durasi dan intensitas latihan yang dilakukan. Pada bagian ini akan dijelaskan komunikasi antar organ-organ tersebut. Termasuk di dalamnya akan dijelaskan pengaruh hormonal dalam kecenderungan menjadi obes. Dalam pertemuan ini juga akan dibahas interaksi antar organ yang terjadi saat kita tidur, serta perubahan yang terjadi akibat seseorang kurang tidur. Kesemua proses interaksi antar organ ini akan mengantarkan pada pilihan pola hidup yang lebih baik selama menjalani program penurunan berat badan.

OBESITAS KARENA KETURUNAN : PERAN GENETIK & EPIGENETIK (Minggu, 21 Juni 2020, 19.30-21.00 WIB)

Obesitas dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Kondisi ini dapat terjadi karena faktor genetik orang tua maupun kondisi epigenetik yang diprogram selama kehamilan. Pada bagian ini akan dijelaskan peran penting dari kedua faktor tersebut dalam pengendalian berat badan.

WEIGHT LOSS PROGRAM : ALGORITMA PENANGANAN OBESITAS BERBASIS GAYA HIDUP (Rabu, 24 Juni 2020, 19.30-21.00 WIB)

Alternatif utama dari program penurunan berat badan adalah dengan menimbulkan keseimbangan energi negatif. Hal ini dapat dilakukan dengan menurunkan asupan energi, meningkatkan pengeluaran energi atau keduanya. Pada bagian ini akan dijelaskan algoritma penanganan obesitas berdasarkan otoritas internasional serta prinsip negative energy balance dalam mengatasi kelebihan berat badan.

TREN DIET PENURUNAN BERAT BADAN : FACT VS. FICTION (Jumat, 26 Juni 2020, 19.30-21.00 WIB)

Pada bagian ini akan dipaparkan evidence base dari program penurunan berat badan dengan beragam metode misalnya, diet keto, intermittent fasting, dsb yang beredar di masyarakat.

MIKROBIOTA USUS & PENGATURAN BERAT BADAN (Senin, 29 Juni 2020, 19.30-21.00 WIB)

Saluran pencernaan manusia didiami oleh 100.000.000.000.000 bakteria dimana jumlahnya bahkan melebihi sel manusia itu sendiri. Microbiome dibuktikan mampu mengendalikan metabolisme dalam tubuh manusia, termasuk salah satunya berdampak pada pengaturan berat badan. Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana memodifikasi microbiome agar dapat membantu menurunkan berat badan.