Banyak yang datang ke gym dan pusat kebugaran dengan tujuan satu, ingin memperoleh tubuh ideal. Ideal versi setiap orang bisa jadi berbeda, yang jelas penurunan berat badan dan meningkatkan masa otot adalah tujuan utama orang untuk ke gym. Hal ini sangat disayangkan, karena manfaat olahraga tidak hanya sebatas membuat kurus dan berotot.

Pada kelas di Wellness Academy yang akan dilakukan pada 23 November 2020 nanti saya akan menyampaikan manfaat olahraga bagi kesehatan dan pencegahan penyakit. Fokusnya adalah pada perbaikan metabolisme, terutama metabolisme zat gizi superti glukosa dan lemak. Memahami penyakit dari sudut pandang metabolisme adalah penting karena banyak penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes mellitus dan hipertensi yang berawal dari gangguan pada metabolisme zat gizi.

Olahraga menjadi penting bagi kesehatan manusia karena seiring dengan perkembangan teknologi dan jenis pekerjaan. Saat ini, terutama di kota-kota besar banyak jenis pekerjaan yang tidak membutuhkan aktivitas fisik sehingga membuat pergerakan kita menjadi terbatas. Hal ini membuat peran pusat kebugaran dan gym menjadi komponen vital dalam kesehatan masyarakat di perkotaan.

Beberapa materi dalam kelas ini saya ambil dari riset di bidang gizi kebugaran yang saya lakukan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kelas online di Wellness Academy ini adalah kegiatan edukasi yang ditujukan kepada masyarakat luas, siapa saja dan dimana saja. Kami ingin mensukseskan program pemerintah yaitu merdeka belajar, yang memanfaatkan platform internet sebagai sumber pengetahuan.

Acara ini gratis dan kalian bisa mendaftarkan diri melalui website https://wellnessacademy.id. Sampai Jumpa.

Harry Freitag LM, S.Gz, M.Sc, RD