Tentang Kami

Gizi Gama adalah media informasi di bidang gizi dan kesehatan. Website ini adalah ekstensi dari akun instagram @gizi_gama. Materi dalam website ini disusun dari hasil riset dan pemikiran oleh pakar di bidang gizi. Website ini dikelola oleh Harry Freitag Luglio Muhammad, S.Gz, M.Sc, RD. Harry juga bekerjasama dengan beberapa penulis dan akademia untuk menyajikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.


Website editor: Harry Freitag Luglio M., S.Gz, M.Sc, RD

Harry adalah dosen dari Divisi Gizi Molekuler, Departemen Gizi Kesehatan, FK-KMK, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Beliau melanjutkan Pendidikan S1 dan Pendidikan Profesi Dietisien di Program tudi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, UGM serta menamatkan pendidikan master di bidang biomedis dengan konsentrasi Gizi dan Metabolisme di Maastricht University, Belanda. 

Harry aktif melakukan riset di bidang gizi dan genetik dengan spesifikasi terhadap masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Beberapa artikel ilmiah yang telah dipublikasikan, antara lain, adalah “The Interaction between Coffee-Caffeine Consumption, UCP2 Gene Variation and Adiposity In Adults: A Cross-Sectional Study” dalam Journal of Nutrition and Metabolism;“The gene-lifestyle interaction on leptin sensitivity and lipid metabolism in adults: A population based study” dalam Nutrients; dan “The role of genes involved in lipolysis on weight loss program in overweight and obese individuals” dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition

Selain aktif dalam melakukan riset dan pendidikan, Harry juga aktif dalam kegiatan organisasi, baik di dalam maupun luar negeri. Saat ini, Harry adalah pengurus Perhimpunan Nutrigenomik dan Nutrigenetik Indonesia serta Asia Pacific Nutrigenomic and Nutrigenetic Organization. Harry juga merupakan anggota World Obesity Federation, Persatuan Ahli Gizi Indonesia, dan Asosiasi Dietisien Indonesia. Harry juga telah menerima beberapa penghargaan/grant internasional, seperti Institute of Life Science, World Obesity (Scope School Scholarship), grant riset dari konsorsium Nutrigenomik Eropa (NuGO), dan Uni Eropa (ERASMUS MUNDUS AREAS+), The International Association of Adolescent Health, Asia Oceania Association for Study Obesity.

Guest contributor “Healthy Cooking”: Winda Irwanti, S.Gz, MPH.

Winda Irwanti adalah seorang nutritionist sekaligus dosen pada Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata Yogyakarta.
Beliau merupakan lulusan S1 dari Program Studi Gizi Kesehatan FKKMK UGM, dan S2 dari Program Studi ILmu Kesehatan Masyarakat, Minat Gizi Kesehatan, dari fakultas dan universitas yang sama pula.

Beliau mempunyai keyakinan bahwa hasil-hasil penelitian pada bidang ilmu gizi harus dipublikasikan seluas-luasny kepada masyarakat, agar ilmu itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tentunya dengan bahasa yang lebih ringan, agar lebih mudah dipahami. Oleh karena itu, sejak tahun 2017, beliau aktif menyampaikan berbagai informasi gizi melalui akun instagramnya @windamurod_kitchen dan youtube channel @Winda Murod.
Untuk lebih menarik minat warganet, beliau juga menambahkan konten lain yang variatif, misal terkait dengan kegemaran beliau memasak, fotografi dan traveling.

Selain itu, beliau juga beberapa kali menjadi partner bagi beberapa usaha kuliner, baik dalam layanan pengembangan produk bergizi maupun food service management. Dibawah manajemen Ardhi Widjaya & Co, usaha kuliner yang pernah bekerjasama dengannya adalah Warung Lawas by Adhisthana Hotel Yogyakarta, Pizzachology Cafe & Lounge, serta katering Nanduto Home Cooking.

Dalam hal penelitian, beliau lebih banyak aktif pada penelitian di bidang gizi masyarakat, yaitu pada tahun 2012 melakukan penelitian mengenai Analisis Perilaku Diit dan Kesehatan pada Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Balita dan Anak Sekolah di Kabupaten Timor Tengah Selatah Nusa Tenggara Timur. Serta beberapa penelitian yang berkaitan dengan gizi anak sekolah dan gizi keluarga di beberapa wilayah di Yogyakarta dan Jawa Tengah.