Kelas Imunologi Gizi Lanjut

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan dan kedokteran mengantarkan perbaikan pada kesehatan masyarakat. Salah satu dari perkembangan tersebut adalah pada bidang imunologi. Bidang imunologi mempelajari bagaimana sistem imun bekerja dalam tubuh dan perannya dalam menjaga kesehatan. Kita sering mengenal bagaimana sistem imun dapat membantu tubuh melawan infeksi penyakit. Ternyata, sistem imun juga terlibat dalam beragam penyakit lainnya, seperti penyakit metabolik, respon pembedahan, alergi dan penyakit autoimun. 

Pada kelas ini kita mempelajari bagaimana peranan gizi dalam menjaga sistem imun tubuh tetap bekerja optimal. Kita juga akan mempelajari bagaimana peranan gizi dalam manajemen beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelainan sistem imun.

Kelas ini akan disampaikan oleh Harry Freitag LM, PhD, RD, seorang akademisi dan praktisi di bidang gizi yang juga telah menulis buku Imunologi Gizi di tahun 2018. Di kelas Advanced Nutritional Immunology, Dr. Harry Freitag akan menyampaikan bagaimana zat gizi dan sistem imun bereaksi sehingga dapat mengoptimalkan kesehatan kita. Dalam kelas ini, akan disampaikan hasil riset terbaru di bidang imunologi yang harapannya dapat menjadi pembaharuan dalam pelayanan gizi pada pasien dengan masalah sistem imun. 

Berikut ini adalah materi pada kelas ini :

12 Agustus : Dasar-dasar Sistem Imun Tubuh Manusia. 

15 Agustus : Imunologi Gizi pada Kasus Infeksi anak dan Kekurangan Gizi

19 Agustus : Imunologi Gizi pada Kasus Obesitas dan Kelainan Metabolik

22 Agustus : Imunologi Gizi pada Kasus Imunodeficiency / HIV

26 Agustus : Imunologi Gizi pada Kasus Pembedahan 

29 Agustus : Imunologi Gizi pada Kasus Autoimun

Fasilitas : Materi PPT; Akses (Learning Management System) LMS + rekaman; E-sertifikat; Diskusi/ sharing pengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *